Lima Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat

BANDUNG, PPK-JTW – Selang sehari setelah melaksanakan penetapan dan pengumuman pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dalam rapat pleno terbuka pada Senin (17/12), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar) langsung mengadakan rapat pleno untuk menetapkan dan mengumumkan nomor urut semua pasangan calon peserta Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013.

Rapat pleno penetapan dan pengumuman nomor urut yang digelar di Sasana Budaya Ganesha ITB Jl. Tamansari Bandung, Selasa (18/12) malam, Dikdik Muliana Arief Mansur dan Cecep Nana Suryana Toyib ditetapkan sebagai pasangan calon dengan nomor urut 1, Irianto MS. Syafiuddin (Yance) dan Tatang Farhanul Hakim nomor urut 2, Yusuf Macan Effendi (Deder Yusuf) dan Lex Laksamana Zaenal nomor urut 3, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar nomor urut 4, serta Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki nomor urut 5.

Penetapan nomor urut bagi 5 pasangan calon peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013 tersebut merupakan hasil pengundian, yang diawali pengambilan secara acak nomor giliran oleh para cawagub yang dipanggil berdasarkan urutan tanggal dan jam pendaftaran. Ketika itu, pasangan calon perseorangan Dikdik-Cecep Toyib memperoleh nomor giliran 5, disusul pasangan calon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Rieke-Teten Masduki memperoleh nomor giliran 3.

Pengambilan dilanjutkan oleh cawagub pasangan calon dari gabungan Partai Demokrat dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dede-Laksamana, memperoleh nomor giliran 4. Pasangan calon dari gabungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Aher-Deddy Mizwar, memperoleh nomor giliran 1, serta pasangan calon dari Partai Golongan Karya (Golkar) Yance-Tatang memperoleh nomor giliran 2.

Setelah hasil undian nomor urut pasangan calon diumumkan oleh pembawa acara Aiman Wicaksono dan Zivanna Letisha yang mendapat mandat dari Ketua Pokja Pencalonan KPU Jabar, Teten Setiawan, selanjutnya dituangkan dalam Berita Acara Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2013 yang ditandatangani seluruh Komisoner KPU Jabar, yaitu oleh Yayat Hidayat selaku anggota merangkap ketua dan 4 anggota lainnya masing-masing Teten Setiawan, Ferdhiman, Iin Endah Setiawati dan Achmad Heri.

Usai membacakan berita acara hasil rapat pleno KPU Jabar tentang penetapan nomor urut yang diakhiri tepuk tangan seluruh undangan, para pasangan calon berikut ribuan tim kampanye yang memadati Sabuga, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menugaskan salahseorang anggotanya yang berkompeten dalam pengolahan data pemilih Pilgub 2013, Ferdhiman, agar pada saat itu juga menyerahkan softcopy DPS (daftar pemilih sementara) kepada semua cagub dan cawagub.

Seperti pada sambutan sebelum membuka resmi, Yayat mengatakan, rapat pleno KPU pertama yang dikemas dalam dalam satu paket hiburan dan disiarkan langsung oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional itu diisi oleh 4 agenda penting. Selain menetapkan dan mengumumkan nomor urut pasangan calon dilanjutkan penyerahan softcopy DPS, juga diisi penandatanganan nota kesepahaman (MoU/Memorandum of Understanding) Pemilu Berkualitas yang diprakarsai oleh KPU Jabar, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Barat, dan Deklarasi Pemilu Damai yang melibatkan pula seluruh jajaran Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah) diantaranya Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi. (MC/KPUJBR)

Sumber: Media Center KPU Provinsi Jawa Barat

Iklan