BANDUNG, PPK-JTW. Komisi pemilihan umum (KPU) Jawa Barat siap memenuhi keperluan logistik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) mengingat hari H pemungutan suara, 24 Februari 2013 sudah didepan mata. Kesiapan ditandai dengan proses Tender yang sudah masuk pada tahap seleksi, perusahaan mana yang nantinya akan menangani kebutuhan logistik Pemilihan Gubernur.

“Logistik KPU Jabar siap laksanakan Pilgub Jabar 2013. Anggaran yang dialokasikan dari APBD Pemprov. Jabar Rp 759 Miliyar, sebagian akan digunakan untuk keperluan logistik, meliputi pengadaan surat suara, tinta, baligho, stiker, spanduk, dan media sosial lainnya”, kata Kepala Bagian Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Jabar, Drs. Dadang Hermawan, saat ditemui di kantornya, Jalan Garut 11, Bandung, Kamis (27/12).

Perencanaan dan penentuan kebutuhan logistik berdasarkan data pemilih dari kabupaten/kota, Dadang manambahkan, dikatakannya masih harus menunggu proses addendum penetapan jumlah suara serta alat dan kelengkapan adminsitrasi pemungutan dan perhitungan suara pada 16 januari 2013.

Dikatakannya, setiap kabupaten/kota telah diberi anggaran masing-masing untuk kebutuhan Pemilihan Gubernur seperti busa, Paku, formulir-formulir dan kelengkapan administrasi lainya di tempat pemungutan suara (TPS). Dana diberikan berdasarkan jumlah kebutuhan dan jumlah pemilihnya setiap TPS akan diberikan kurang lebih Rp 500 ribu.

“Perkiraan dana yang dikeluarkan untuk pembuatan surat suara dengan jumlah pemilih kurang lebih 36,6 Juta orang, ditambah 2.5% cadangan surat suara, jumlahnya berkisar Rp 40 miliyar. Spesifikasi kertas yang diperlukan, adalah kertas yang berkualitas yang akan dipilih dan ditetapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) KPU Jabar”, imbuhnya.

Berdasarkan tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pilgub, pendistribusian surat suara dan kelengkapan adminstrasi di TPS pada 16 Januari 2013. Selanjutnya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS akan menerimanya, 22 Februari 2013. Dalam kaitan ini, KPU Jabar untuk sementara menggunakan Data Pemilih Sementara (DPS).

Semoga logistik yang diperlukan pada saat pelaksanan tidak begitu jauh dari perencanaan logistik yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga Pilgub Jabar 2013 dapat berjalan dengan baik. (Ayu Y. Agustin)

Sumber: Media Center KPU Provinsi Jawa Barat