TASIKMALAYA, PPK-JTW – Surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013 untuk Kota Tasikmalaya sebanyak 465.103 lembar, sesuai jumlah DPT (daftar pemilih tetap) 453.759 ditambah cadangan 2,5 persen atau 11.344 lembar, Selasa (12/2) pagi mulai disortir dan dilipat oleh 70 orang dari PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang dikerahkan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) masing-masing.

Kegiatan penyortiran dilakukan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) komplek perkantoran Pemerintah Kota Tasikmalaya Jl. Ir. H. Juanda, dari pukul 9.00 hingga 17.00. Namun pada hari pertama kemarin pihak KPU Kota Tasikmalaya mempersilakan PPK dan PPS dari Kec. Mangkubumi, Kawalu dan Cipedes bekerja sampai larut, apabila penyortiran surat suara untuk kecamatan dan desa/kelurahannya ingin cepat selesai.

Dengan demikian, proses penyortiran dapat diselesaikan sesuai target selama 6 hari yaitu dari 12 s/d. 17 Februari mendatang, sehingga Kamis besok giliran PPK dan PPS dari Kec. Cibeureum, Tamansari dan Indihiang yang masuk gudang KPU untuk menyortir surat suara. Dilanjutkan Sabtu (16/2) sampai Minggu keesokan harinya oleh PPK dari 4 kecamatan lainnya yaitu Kec. Tawang, Cihideung, Bungursari dan Purbaratu.

Pantauan di lapangan Selasa sore kemarin membuktikan, penyortiran surat suara disaksikan oleh Sekretaris KPU Kota Tasikmalaya, Slamet, Kasubag Teknis Yayan Sofyan dan beberapa staf KPU lainnya, di bawah pengawasan pihak Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) serta dijaga belasan petugas keamanan dari Polres dan Satpol Pamong Praja.

“Kami ingin penyortiran dan pelipatan surat suara bisa selesai secepatnya, bahkan sebelum tanggal 17,” harap Slamet seraya menjelaskan, penyortiran surat suara yang dikirim dari percetakan Inkopol di Jakarta pada Jumat lalu sebanyak 233 koly (tiap koly berisi 2.000 lembar) dialokasikan per-TPS (tempat pemungutan suara) oleh PPS masing-masing. Karena PPS-lah yang mengetahui persis jumlah pemilih di tiap TPS.

Surat Suara Kab.Tasikmalaya

Sama halnya dengan Kabupaten Tasikmalaya, penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub 2013 dimulai Selasa kemarin yang juga melibatkan PPK dan PPS serta ditargetkan selesai 6 hari. Karena jumlah surat suara yang dikirim jauh lebih banyak dibanding untuk Kota Tasikmalaya, yaitu 1.367.488 atau sebanyak 1.334.135 berdasarkan DPT ditambah 2,5 persen atau 33.353 lembar, maka menurut Kasubag Umum dan Logistik KPU Kab. Tasikmalaya Mamat Rahmat, kegiatan penyortiran dibagi 3 gelombang yang tiap gelombangnya terdiri dari 13 kecamatan.

Penyortiran surat suara di Sekretariat KPU Kab. Tasikmalaya Jl. Raya Timur Cipakat Singaparna, ditargetkan selesai secepatnya sehingga dilakukan secara maraton dan bergiliran selama 24 jam per-hari. Untuk hari pertama kemarin dikonsentrasikan bagi TPS di 13 kecamatan yaitu Kec. Cigalontang, Singaparna, Karangnunggal, Cipatujah, Cikatomas, Cisayong, Pagerageung, Manonjaya, Puspahiang, Salawu, Ciawi, Sodonghilir dan Cikalong, dengan melibatkan lebih dari 100 anggota PPK dan PPS yang bekerja di lantai 1 dan lantai 3 kantor KPU.

Usai ke-13 kecamatan tersebut, penyortiran dan pelipatan surat suara dilanjutkan oleh PPK Gelombang 2 yang meliputi Kec. Tanjungjaya, Sukaraja, Salopa, Jatiwaras, Sukaratu, Rajapolah, Bojong Gambir, Taraju, Leuwisari, Padakembang, Sukaresik, Parungponteng dan Bantar Kalong. Selanjutnya oleh PPK Gelombang 3 meliputi Kec. Cibalong, Bojongasih, Culamega, Cineam, Karang Tanjung, Mangunreja, Sariwangi, Sukahening, Jamanis, Kadipaten, Sukarame dan Pancatengah. (MC/KPUJBR)

Sumber: KPU Provinsi Jawa Barat

Iklan