Para ODP PPS sedang online dalam rangka perbaikan DPS

Para ODP PPS sedang online dalam rangka perbaikan DPS, Jumat (02/08/2013)

JATIWARAS, PPK-JTW – Dalam rangka penyusunan dan perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan menyelenggarakan online bersama bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Jatiwaras, Jumat malam (02/08/2013), di kantor PPK.

Hadir sejumlah Operator Pengolah Data Pemilih dari 6 desa. Antara lain: Desa Kaputihan, Desa Setiawangi, Desa Neglasari, Desa Jatiwaras, Desa Papayan, dan Desa Kertarahayu. Sementara 5 desa lainnya berhalangan hadir dengan berbagai alasan.

Menurut Ketua PPK Kecamatan Jatiwaras, Zainal Alimin, S.HI., M.SI (38), kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar para PPS dapat terlibat langsung dalam mengoperasikan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), sehingga  mereka dapat melakukan perbaikan DPS secara realtime.

“Mereka (PPS) sengaja dilibatkan dalam mengoperasikan Sidalih agar dapat secara langsung melakukan perbaikan DPS bila dirasakan ada data pemilih yang kurang tepat, baik dari segi identitas maupun dari penempatan TPS. Selain itu, karena memang merekalah yang berwenang dalam melakukan perbaikan DPS dan merekalah yang lebih memahami data pemilih. PPK bertugas hanyalah mengunggah data pemilih ke Sidalih,” terangnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selepas Sholat Isya atau Tarawih. Para operator tampak antusias mengamati dan mengolah data pemilih melalui laptop masing-masing hingga larut malam. Bahkan, sebagian di antara mereka ada yang baru selesai hingga dini hari, waktu sahur.

Untuk koneksi internet dalam mengoperasikan Sidalih ini, PPK menyediakan hotspot dengan memanfaatkan smartphone milik pribadi sebagai router-nya.

©ppk-jtw 2013

Iklan