Penyusunan Daftar Pemilih Sementara

A. Kegiatan PPS dan PPDP

1. menyusun jadwal, perencanaan pelaksanaan pemutakhiran data dan/atau pendaftaran pemilih dan menginformasikan perencanaan tersebut kepada Kepala Desa/Kelurahan agar dibantu menginformasikan kepada pemilih saat hari dan waktu/jam sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan PPDP akan melaksanakan tugas;

2. melaksanakan tugas pemutakhiran data dan/atau pendaftaran pemilih, dengan cara PPDP membawa Data Pemilih Model A- KWK.KPU dan mendatangi rumah/tempat tinggal pemilih, meliputi kegiatan:

  • melakukan pemutakhiran data;
  • membuat salinan (photocopy) Model A1–KWK.KPU hasil pemutakhiran data; dan
  • menyerahkan salinan (photocopy) Model A1–KWK.KPU hasil pemutakhiran data ke PPS.

3. melakukan tindakan perbaikan Daftar Pemilih, meliputi Penambahan/Pendaftaran Pemilih, Penghapusan/Pengurangan dan Perbaikan Data Pemilih, yang disebabkan karena:

  • telah memenuhi syarat usia pemilih, yaitu sampai dengan hari dan tanggal pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, yaitu pada tanggal 24 Februari 2013 telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih;
  • belum berumur 17 (tujuh belas) tahun, tetapi sudah/pernah kawin;
  • perubahan status anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) menjadi status sipil/purnabakti atau sebaliknya;
  • tidak terdaftar dalam data pemilih yang digunakan untuk penyusunan daftar pemilih dalam Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah berdasarkan data kependudukan yang disampaikan Pemerintah Daerah atau Pemilu terakhir;
  • telah meninggal dunia;
  • pindah domisili ke daerah lain;
  • terdaftar pada lebih dari 1 (satu) Daftar Pemilih;
  • perbaikan penulisan identitas pemilih; dan/atau
  • yang sudah terdaftar tetapi sudah tidak memenuhi syarat sebagai pemilih sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2010.

4. melakukan perbaikan Daftar Pemilih apabila dalam wilayah kerjanya berdasarkan lampiran Surat Pemberitahuan dari KPU Kabupaten/Kota ada data pemilih yang terdaftar pada lebih dari 1 (satu) Daftar Pemilih, sebagaimana dimaksud angka 3 huruf g, dan menanyakan kepada pemilih yang bersangkutan untuk menentukan di mana pemilih tersebut akan didaftarkan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • apabila didapatkan keterangan langsung dari pemilih tersebut dan/atau oleh keluarganya menyatakan didaftar di tempat tersebut, pada Daftar Pemilih Sementara tetap dicantumkan, dan pada kolom keterangan Daftar Pemilih yang terdaftar pada lebih dari 1 (satu) Daftar Pemilih (lampiran Surat Pemberitahuan dari KPU Kabupaten/Kota) dituliskan “Telah didaftar pada TPS xx” (Nomor yang bersangkutan) dan “PPS yy” (nama desa yang bersangkutan);
  • apabila pada saat petugas mendatangi tempat yang bersangkutan tidak ditemukan dan/atau tidak dapat dipastikan oleh keluarganya, maka dalam Daftar Pemilih Sementara dicoret (dipersamakan dengan telah pindah domisili ke daerah lain), dan pada kolom keterangan Daftar Pemilih yang terdaftar pada lebih dari 1 (satu) Daftar Pemilih (lampiran Surat Pemberitahuan dari KPU Kabupaten/Kota) dituliskan “Tidak didaftar pada TPS xx” (Nomor yang bersangkutan) dan “PPS yy” (nama desa yang bersangkutan).

5. memberikan tanda bukti terdaftar sebagai pemilih terhadap pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara yang diserahkan secara langsung kepada masing-masing pemilih oleh PPS dibantu PPDP;

6. memasang/menempelkan “Tanda Telah Terdaftar” pada setiap rumah/tempat tinggal pemilih dengan ketentuan sebagai berikut:

  • setiap lembar “Tanda Telah Terdaftar” digunakan untuk 1 (satu) Kepala Keluarga;
  • “Tanda Telah Terdaftar” hanya memuat 5 (lima) pemilih, apabila dalam satu Kepala Keluarga lebih dari 5 (lima) pemilih ditulis dalam “Tanda Telah Terdaftar” yang lain;
  • apabila dalam satu umpi (rumah/tempat tinggal) terdapat lebih dari 1 (satu) Kepala Keluarga diberikan “Tanda Telah Terdaftar” sebanyak jumlah Kepala Keluarga; dan
  • “Tanda Telah Terdaftar” ditempelkan pada dinding/pintu/jendela tempat tinggal yang bersangkutan dan atau pada bagian lain yang memungkinkan mudah terlihat dan terlindung agar tidak mudah rusak dengan memperhatikan estetika dan persetujuan pemilik rumah;

7. memberikan tanda silang (X) pada “Tanda Telah Terdaftar” tersebut di bagian kolom “terdaftar pada saat Pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara”;

8. menyusun Daftar Pemilih Sementara dibantu oleh PPDP dengan menggunakan formulir Model A1–KWK.KPU berdasarkan hasil pemutakhiran data pemilih;

9. berkoordinasi dengan seluruh Ketua/Pengurus RT/RW yang warganya terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara sebelum diumumkan dan dilakukan perbaikan oleh Ketua/Pengurus RT/RW;

10. memeriksa setiap lembar Daftar Pemilih Sementara (Model A1– KWK.KPU) dengan membubuhi paraf periksa pada setiap lembarnya Ketua PPS;

11. menetapkan Daftar Pemilih Sementara (Model A1–KWK.KPU) dan dibuat dalam rangkap 3 (tiga) yang ditandatangani PPS serta dibubuhi cap PPS;

12. menyusun Daftar Pemilih Sementara dalam bentuk data elektronik (softcopy);

13. menyampaikan Daftar Pemilih Sementara kepada PPK dengan melampirkan Surat Pemberitahuan dari KPU Kabupaten/Kota, apabila di wilayah kerjanya ada pemilih yang terdaftar pada lebih dari 1 (satu) Daftar Pemilih;

14. memberitahukan kepada PPK tempat/lokasi yang digunakan untuk mengumumkan Daftar Pemilih Sementara;

15. mengumumkan Daftar Pemilih Sementara untuk mendapat tanggapan masyarakat dengan menempelkan di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh masyarakat; dan

16. mengikuti Rapat Kerja Teknis penetapan Daftar Pemilih Sementara dengan PPK.

B. Kegiatan PPK

1. melaksanakan bimbingan teknis dan monitoring dalam pelaksanaan kegiatan pemutakhiran Data Pemilih/Pendaftaran Pemilih dan penyusunan Daftar Pemilih Sementara oleh PPS dibantu PPDP;

2. melaksanakan sosialisasi di tingkat Kecamatan secara terus menerus selama masa Pendaftaran Pemilih dan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait untuk memastikan tidak ada pemilih yang belum terdaftar; dan

3. menyampaikan Daftar Pemilih Sementara kepada KPU Kabupaten/Kota dengan melampirkan Surat Pemberitahuan dari KPU Kabupaten/Kota, apabila di wilayah kerjanya ada pemilih yang terdaftar pada lebih dari 1 (satu) Daftar Pemilih.

2 Komentar (+add yours?)

  1. Laily Fauzijah
    Okt 25, 2013 @ 23:32:21

    Mohon pendaftaran pemilih dilakukan door to door, banyak warga Muara Angke, Kelurahan Pluit. Kecamatan Penjaringan belum terdaftar, terutama yang masih menggunakan KTP daerah/ luar Jakarta…. terutama di blok Empang, Pinggir kali adem, kampung baru, dermaga ( dok), para pedagang yang bertempat di sekitar pelekangan ikan muara angke

    Balas

    • ppkjatiwaras
      Nov 03, 2013 @ 05:39:09

      Informasi harap disampaikan langsung kepada PPS Kelurahan setempat, untuk segera ditindaklanjuti.

      Terima kasih

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: